TUGAS 4 Pengantar Bisnis: Pasar Dan Manajemen Pemasaran
PASAR
DAN MANAJEMEN PEMASARAN
Pasar adalah tempat bertemunya penjual
dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi. Pasar dapat terbentuk
dimana saja dan kapan saja.Pada
saat ini pasar terbagi menjadi dua yaitu pasar langsung dan pasar yang
menggunakan media online. Pemasaran adalah proses memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen. Hal tersebut dapat dilakukan melalui mekanisme pasar yang
dapat menghasilkan laba bagi perusahaan.
Seluruh aktivitas pemasaran harus
dikoordinasikan dalam organisasi pemasaran yang rapih. Dalam melakukan
pemasaran diperlukan adanya manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran adalah
proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian dari aktivitas pemenuhan kebutuhan
dan keinginan konsumen. Manajemen pemasaran juga untuk menghasilkan laba yang
memadai bagi peusahaan. Pencapaian tujuan pemasaran bergantung kepada kemampuan
perusahaan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pasar.
Konsep pemasaran sangat dibutuhkan
untuk menjalankan aktivitas pemasaran. Terdapat empat konsep pemasaran yaitu
konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, dan konsep pemasaran. Konsep
produksi adalah konsep yang memiliki keyakinan bahwa konsumen akan menyukai
produk yang murah dan terseria secara luas. Konsep produk memiliki keyakinan
bahwa konsumen akan tertarik untuk membeli produk perusahaan bila produk
tersebut memiliki kualitas yang bagus dibanding produk pesaing. Konsep
penjualan memiliki pandangan konsumen tidak akan membeli produk hingga
perusahaan melakukan aktivitas penjualan dan promosi secara agresif. Dan konsep
pemasaran berpendapat bahwa agar produk dapat diterima konsumen, maka
perusahaan harus mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Selanjutnya
perusahaan membuat produk sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.
Daftar Pustaka
Solihin, Ismail. 2014. Pengantar Bisnis. Jakarta : Penerbit
Erlangga
Komentar
Posting Komentar